Rabu, 27 Mei 2015

RPP Hukum Kirchoff



( RPP )
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   :  SMA
Mata Pelajaran          : FISIKA
Kelas / Semester        : XI / Semester 1
Materi Pokok            : Listrik Dinamis
Sub Materi Pokok     : Hukum Kirchoff
Alokasi Waktu           : 3 x 40 menit
Pertemuan                 :
 

I.             Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif denganl ingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk  memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar,  dan menyaji dalam  ranah  konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan  dari yang dipelajarinya di sekolah  secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

II.          Kompetensi Dasar
1.1     Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan keteraturan alam semesta
2.1 Menunjukkan perilaku imiah alam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukn pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
3.4.   Mengevaluasi prinsip kerja peralatan listrik searah (DC) yaitu hukum kirchoff dalam kehidupan sehari-hari
Indikator :
a. Memahami hukum I Kirchoff
b. Memahami hukum II Kichoff
c. Menerapkan hukum I Kirchoff dan hukum II Kirchoff dalam kehiupan sehari-hari.
4.5 Merencanakan dan melaksanakan percobaan rangkaian listrik searah (DC) tentang hukum kirchoff
Indikator :
a. Menemukan konsep hukum kirchoff I melalui percobaan.
b. Menemukan konsep hukum kirchoff II melalui percobaan
III.       Materi Pembelajaran
·         Hukum I Kirchoff
·         Hukum II Kirchoff
IV.       Model Pembelajaran dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran      : Koperatif Number Head Together (NHT)
Pendekatan                    : Scientific
         Metode Pembelajaran    : Ceramah, Eksperimen, Penugasan, Tanya    Jawab dan diskusi
V.          Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
A.    Media/Alat dan Bahan
Laptop, papan tulis, hand out, infokus
B.     Sumber Pembelajaran
Buku:
·         Buku teks :
Buku Fisika SMA Erlangga, , Fisika Jilid I Haliday Resnick.
·         Modul Fisika untuk SMK untuk Kelas XI
·         Media Pembelajaran menggunakan Macro Media media flash







VI.       Kegiatan Pembelajaran
Fase
Kegiatan
Pendekatan
Metode
Alat/ bahan dan
Media
Alokasi Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan
Fase I
Orientasi siswa kepada masalah
J Memberi salam kepada siswa
J Guru mengabsen siswa
J Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan komentar terhadap pelajaran sebelumnya
J Guru  mengajukan pertanyaan kepada siswa sesuai dengan materi yang sedang dipelajari yang  bervariasi dari yang spesifik hingga bersifat umum dan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.
J  Siswa menjawab salam guru

J  Siswa mendengarkan guru
J  Siswa mendengarkan guru dan mencatat tujuan pembelajaran


J  Siswa mendengarkan pertanyaan guru dan mencoba untuk memberi respon
J  Siswa menyimak dan menjawab pertanyaan dan melekukan eksperimen untuk memecahkan masalah.

Ceramah


Ceramah

Ceramah dan tanya jawab





Proyektor
10 Menit
Inti
Fase II
Mengorganisasikan Siswa Untuk Belajar


Fase III
Membimbing penyelidikan idividu maupun kelompok

















Fase IV
Mengembangkan dan Menyajikan Hasil karya



J  Guru membagi siswa menjadi beberapa  kelompok atau tim yang beranggotakan 3-5 orang dan memberi siswa nomor
J  Guru membagikan LKS


J Guru memberikan bimbingan bagi kelompok siswa yang membutuhkan.


















J Guru mengundi urutan presentasi siswa


JGuru dan siswa lain mengomentari kelompok yang sedang presentasi.

J    Siswa bergerak dengan cepat untuk membentuk kelompok

J Siswa mengerjakan LKS


JSiswa berpikir bersama untuk menemukan jawaban dan menjelaskan jawaban kepada anggota dalam timnya sehingga semua anggota mengetahui jawaban dari masing-masing pertanyaan.
J Siswa memperhatikan guru saat membimbing menyelesaikan masalah.

J Siswa aktif  bertanya kepada guru ketika mengalami kesulitan dan mendengar bimbingan guru saat guru membimbing
J Siswa tetap berdiskusi dan mendengarkan antar teman dalam kelompoknya untuk menyelesaikan masalah
J Salah siswa dari setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
J Siswa mendengarkan bimbingan guru
J Siswa lain memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi kelompok lain

Mengkomunikasikan,
Siswa mendengarkan arahan dari guru untuk menentukan kelompok.



Eksperimen, siswa melakukan praktikum sesuai dengan lks dan dibimbing oleh guru

Mengkomunikasikan,
Siswa mendengarkan bimbingan baik menegnai LKS atau materi yang akan dipelajari.













Mengkomunikasikan, guru bersama siswa mengundi urutan presentasi.
Mengkomunikasikan,
Guru dan siswa saling bertukar pendepat pada presentasi yang sedang dilakukan.

Diskusi dan ceramah




Diskusi dan ceramah



















Ceramah



Diskusi da ceramah








LKS



























Proyektor


10 menit





30 menit




















20 menit





Penutup
Fase V
Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
J Guru bersama dengan siswa merangkum materi pelajaran


J Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang kompak, paling banyak bertanya, paling bagus dalam menjawab pertanyaan, paling bagus dalam presentasi
J Guru memberikan tugas.

J Guru mengakhiri pelajaran dan memberikan salam penutup
J Siswa bersama guru merangkum materi pelajaran


J Siswa menerima pengahargaan dari guru agar lebih termotivasi lagi untuk belajar


J Siswa menulis tugas dan mengerjakan tugas dirumah
J Menjawab salam
Mengekspolorasi,
Guru bersama siswa menarik kesimpulan dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan.
Mengkomunikasikan, guru memberikan penghargaan kepada siswa pada presentasi yang dilakukan sekalugus memberikan tugas dirumah.
Diskusi dan ceramah




Diskusi dan cermah

10  menit











H.    Penilaian Hasil Belajar
1.      Teknik Penilaian    : Tertulis dan lisan
a.       Penilaian kognitif (LP-01)
b.      Penilaian psikomotor (LP-02)
c.       Penilaian afektif (LP-03)
2.      Bentuk Penilaian   : Essei
                                                                                                                                                                                                                  BAHRANI....................







Tidak ada komentar:

Posting Komentar